Selasa, 11 Oktober 2011

PERBEDAAN VB 6 DAN VB.NET

Perbedaan VB 6 dan VB.NET

Sebelum kita mengupas lebih dalam tentang VB. NET  baiknya mengetahui dulu perbedaan antara Vb 6 dan VB.NET fasf fassafasfasfasfsfsf, adapun beberapa perbedaan yang mendasar adalah sebagai berikut :
  • VB .NET sudah berbasis OOP sedangkan VB 6 masih prosedural
  • VB .NET sudah memiliki framework .NET sehingga tampilannya lebih bagus dari VB 6
  • Dalam mengakses data (record) VB .NET menggunakan dataset sedangkan VB 6 menggunakan recordset
  • asfasf
  • Hasil kompilasi pada VB6 dapat langsung dieksekusi. Sedangkan VB .Net membutuhkan interpreter (.Net framework)
  • Program dari VB6 tidak dapat langsung berinteraksi dengan program dari bahasa lain. VB .Net dapat selama bahasa lain yang mendukung .Net. seperti ASP .NET
  • Dalam pengaksesan data sangat berbeda sekali antara VB 6 dan VB.NET, hal ini lah yang menyebabkan para progammer VB 6 malas beralih ke VB. NET. pada VB 6 metode pengakseskanny sangat sederhana yaitu cukup menggunakan ADO yg terdiri dari conection dan recordset, sedangkan pada VB.NET menggunakan ADO.NET terdiri dari : Object Connection, Data Adapter, data reader dan data set.   

    Berikut penjelasan properti objek model ADO.Net :


    1.      
    Data Provider
Data Provider merupakan komponen yang berisi nama piranti/driver yang akan digunakan oleh model objek ADO.NET untuk mengakses sumber data. Pada Data Provider terdapat 4 objek utama untuk mengakses sumber data, yaitu :
  • Connection 
    Digunakan untuk membuat koneksi ke sumber data
  • Command 
    Digunakan untuk menjalankan perintah (propertinya berbentuk tabel, SQL, atau stored  procedure) yang akan memanggil data dari sumber data.
2. DataReader
Objek reader digunakan untuk membaca data dengan sifat fordward only dan read
3. DataAdapter
Digunakan sebagai penghubung antara sumber data dengan datasetData Adapter Object biasanya dipakai apabila kita menggunakan dataset atau datatable yang datanya diambil dari tabel – tabel yang ada pada database.
4. Dataset
Merupakan objek yang terpisah dari sumber data dan dapat digambarkan sebagai recordset yang terpisah. Pada dataset juga terdapat tabel, baris, kolom, relasi, constrain dan view. Semua tipe data baik yang flat, hirarki atau relasional dapat disimpan dalam dataset. Karena sesuai dengan objek dasar dari dataset yaitu XML, semua model penyimpanan data dapat bekerja dengan dataset. namun biasanya untuk mengambil data melalui data adapter digunakan data tabel, dimana data tabel akan diisi oleh data adapter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar